Pengertian Alelopati

ALLELOPATHY adalah produksi substansi (zat ) oleh suatu tanaman yang merugikan tanamaan lain.(Muller,1970) atau bagi mikroba(rice,1974). Eksistensi fenomena ini kemudian di ketahui dengan baik. Meskipun penyebaran dan kepentingnnya tidak jelas. Yang masih tetap tidak jelas adalah mekanisme kerjanya: barangkali rangsangan atau deepresi mikrooraganismelah yang bertanggung jawab sehingga ha ini terjadi (Newman,1977). Rice dan Pancholy(1972) telah menyatakan bahwa sejumlah senyawa yang dihasilkan tanaman dari suatu ekosistem matang(pins-oak) mampu menghambat transformasi bakterial dari amonium menjadi nitrat. Keterangan yang mungkin untuk ini adalah bahwa spesies suksesional akhir cenderung lebih toleran terhadap kondisi asam dan kemudian amonium sebagai sumber N dibandingkan dengan pioner-pioner, sebab pencucian dan pembentukan serasah lazimnya menurunkan pH tanah selama suksesi. Rice dan Poncholy (1973, 74) kemudian mengidentifikasi suatu kisaran yang luas dari Tannin,asam fenolat flavanoid dan coumarin yang secara sempurna menghambat aktivitas Nitrosomonas pada konsentrasi-konsentrasi yang sangat rendah.

Dari seluruh batangnya tanaman mengeluarkan zat kimia yang sangat menakjubkan-gula dan senyawa bau dari bunga, terpenoid dan leachate yang mudah larut dari daun, dan sangat banyak yang berasal dari akar. Rovira (1969) mengumpulkan laporan yaitu 10 gula, 19 asam amino,10 asam organik, 2 flavonon, 3 enzim dan satu nukleotuda dalam eksudat akar.

Indikasi terjadinya fenomena alelopati dapat terlihat melalui beberapa bentuk, di antaranya adalah autotoksisitas, efek residu, dan penghambatan gulma. Autotoksisitas terjadi bila alelopati terjadi di antara individu dalam satu spesies yang sama, contohnya spesies Medicago sativa (alfalfa), Trifolium spp. (semanggi), dan Asparagus officinalis (asparagus). Hal ini diperkirakan menjadi salah satu penyebab pertumbuhan tanaman yang tidak sama pada tahun-tahun berikutnya dalam pertanian.[7] Salah satu bentuk alelopati tanaman lainnya adalah residu dari beberapa tanaman diketahui dapat mengurangi perkecambahan gulma. Beberapa tanaman yang dapat menghambat pertumbuhan gulma melalui proses alelopati adalah Avena fatua (haver), E. repens (semacam rumput), Cirsium arvense, dan Stellaria media

Komentar