Sub Ordo Archostemata; Ordo Coleoptera; Anatomi, Morfologi dan Ekologi

Archostemata adalah suborder terkecil dari kumbang , diperkirakan kurang dari 50 spesies yang dikenal, terbagi dalam lima keluarga. Mereka mirip morfologi pada kumbang pertama, yang muncul dalam rekaman fosil sekitar 250 juta tahun yang lalu. Antena bisa berbentuk benang (filiform) atau seperti seikat manik-manik (moniliform). Subordo ini juga mengandung satu-satunya kumbang paedogenik, Micromalthus debilis. terbagi dalam 5 familia;
Crowsoniellidae
1. Familia Crowsoniellidae adalah familia monotipik kumbang, di sub order Archostemata. Sejauh ini, hanya satu spesies saja, Crowsoniella relicta. disebut juga dengan sebutan binatang menit (sekitar 1,8 mm (0,071 inci)) yang dikumpulkan di Italia tengah dari tanah berkapur di dasar pohon kastanye. Tidak ada spesimen lain yang ditemukan sejak itu.
2. Familia Cupedidae adalah familia kecil dari kumbang, terkenal dengan pola "jendela" di elytra (forewings) yang keras, yang mana diberi nama umum kumbang kisi-kisi (reticulated beetles). Kumbang ini cenderung memanjang dengan bodi sisi sejajar, panjangnya berkisar antara 10 sampai 20 mm, dengan warna kecoklatan, kehitaman, atau abu-abu. Larva tersebut adalah penggerek kayu, biasanya tinggal di kayu yang dipenuhi jamur, dan kadang-kadang ditemukan dalam konstruksi kayu.
3. Familia Jurodidae pada awalnya digambarkan dari fosil, namun pada tahun 1996, satu spesies dari Timur Jauh Rusia, digambarkan sebagai Sikhotealinia zhiltzova, ditemukan dan kemudian dikenali sebagai perwakilan familia yang tidak punah ini (sebuah "fosil hidup" ). Sejak saat itu, kumbang ini, yang diketahui hanya dari satu spesimen tunggal, telah menjadi bahan perdebatan, karena dilaporkan memiliki tiga ocelli di dahi, suatu kondisi yang tidak diketahui secara keseluruhan di seluruh ordo Coleoptera, apakah punah atau hidup. umumnya dianggap sebagai karakter dasar untuk serangga neopteran. Jika benar, spesies ini mungkin mewakili kumbang hidup yang paling lama. Namun, pihak berwenang lain telah menantang penafsiran ini, dan selanjutnya menyarankan agar kumbang ini bukan bagian dari Archostemata. Ini mungkin tidak dapat diselesaikan sampai spesimen tambahan dikumpulkan, dan tetap dibutuhkan analisis genetika.
Ommatidae
4. Familia Ommatidae adalah familia kumbang di sub ordo Archostemata. yang memiliki karakteristik paling tua. Spesies yang masih bertahan dari kelompok hanya ditemukan di Australia dan Amerika Selatan, namun distribusi geografisnya jauh lebih luas selama mesozoik. Sejauh ini, 13 genera yang bertahan yang diperkirakan lebih dari 100 spesies kumbang ini telah dideskripsikan. Dua genera yang masih ada digabungkan ke familia ini adalah: Omma dan Tetraphalerus
5. Familia Micromalthidae Kumbangnya memanjang, berdiameter 1,5 sampai 2,5 mm, dan warna coklat tua sampai kehitam-hitaman, dengan kaki dan antena berwarna kecoklatan. Kepala lebih besar dari dada, dengan mata besar menonjol dari kedua sisinya. Larva tersebut adalah penggerek kayu yang memakan kayu kastang dan kayu ek yang lembab dan membusuk. Mereka juga telah dilaporkan menyebabkan kerusakan pada bangunan dan tiang. Siklus hidup tidak biasa karena tahap larva cerambycoid dapat berkembang menjadi induk dewasa, atau melahirkan larva caraboid. Spesies ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia oleh perdagangan manusia, mungkin di kayu.


Komentar