Asam Humat (Humic Acid)

sekitar 60 tahun yang lalu, Lydia Khristeva seorang peneliti dari Universitas Kherson USSR, berhasil menghasilkan asam humus (humid acid) dari tanah biasa, dan kemudian disiramkan pada tanaman. Ternyata pertumbuhan tanaman tersebut meningkat pesat disertai dengan pembentukan sistem akar yang kuat. Untuk pertama kali aktifitas biologi humate ditemukan. Lydia Khristeva mendedikasikan seluruh hidupnya untuk meneliti humate. Kemudian penelitian tersebut ditindaklanjuti oleh peneliti-peneliti dari negara lain seperti Uzbekistan, Cekoslovakia, Italia, dan Amerika, dll. 
Asam humat (humic acid), adalah senyawa organik siklik berbobot molekul tinggi yang mempunyai kemampuan sebagai penyangga (buffer); memegang dan melepas unsur hara (nutrients holding, nutrients release), terutama sebagai pelepas fiksasi-P (P-fixation)
Asam humat terbentuk melalui proses fisika, kimia, dan biologi dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan maupun hewan melalui proses humifikasi. Oleh karena strukturnya terdiri dari campuran senyawa organik alifatik dan aromatic, diantaranya ditunjukkan dengan adanya gugus aktif asam karboksilat dan quinoid, maka asam humat memiliki kemampuan untuk menstimulasi dan mengaktifkan proses biologi dan fisiologi pada organisme hidup di dalam tanah. Hal ini menyebabkan asam humat bersifat lebih sebagai soil conditioner (pembenah tanah).
Fungsi humat adalah sebagai berikut; Menjaga ketersediaan nutrisi untuk digunakan oleh tanaman sehingga dapat menghemat pemakaian pupuk kimia, Memperbaiki kesuburan tanah karena dapat memacu pertumbuhan mikroorganisme tanah, Meningkatkan kapasitas tukar kation tanah (KTK) dan mengikat ion Al dan Fe yang bersifat racun bagi tanaman.
Penggunaan pupuk organik atau suplemen hara lain seperti asam humat (humic acid) saat ini banyak dilakukan, selain didasarkan alasan keamanan produk juga dapat memperbaiki kesuburan tanah. Asam humat adalah zat organik yang memiliki struktur molekul kompleks dengan berat molekul tinggi (makromolekul atau polimer organik) yang mengandung gugus aktif.

Komentar