Pengertian Pemupukan

Pengertian pemupukan sangat beragam berdasarkan sudut pandang orang yang akan mendefinisikannya.  ada yang mengatakan pemupukan adalah penambahan unsur hara kedalam tanah. ada juga yang mendefinisikan bahwa pemupukan adalah pemberian pupuk untuk pertumbuhan tanaman. dan beberapa definis lainnya. akan tetapi semua definisi itu memiliki arah yang sama yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. dengan objek utamanya adalah tanah dan tanaman.

Sebelum lebih lanjut tentang tentang definisi pemupukan, yang harus difahami terlebih dahulu adalah objek pertamanya yaitu tanah. tanah dalam persfektif pertanian adalah media tumbuh tanaman. tanah berfungsi sebagai gudang dan penyuplai hara atau nutrisi (baik berupa senyawa organik maupun anorganik sederhana dan unsur-unsur esensial, seperti: N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl).

Objek yang kedua adalah tanaman. tanaman. Dalam pertanian, tanaman adalah beberapa jenis organisme yang dibudidayakan pada suatu ruang atau media untuk dipanen pada masa ketika sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu. Pengertian ini dibedakan dari penggunaan secara awam bahwa tanaman sama dengan tumbuhan. Pada kenyataannya, hampir semua tanaman adalah tumbuhan, tetapi ke dalam pengertian tanaman tercakup pula beberapa fungi (jamur pangan, seperti jamur kancing dan jamur merang) dan alga (penghasil agar-agar dan nori) yang sengaja dibudidayakan untuk dimanfaatkan nilai ekonominya. Tanaman "sengaja" ditanam, sedangkan tumbuhan adalah sesuatu yang muncul atau tumbuh dari permukaan bumi.

Yang menjembatani kedua objek tersebut adalah Unsur hara, unsur hara dibutuhkan oleh tanaman dalam pertumbuhan dan perkembangannya.  unsur hara ini tersedia didalam media tanam, yakni tanah. unsur hara ini dibutuhkan tanaman berdasarkan kebutuhannya. menurut jumlah dan jenisnya. untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tersebut bagi pertumbuhan tanaman, maka diberikan aplikasi pupuk.kegiatan tersebut disebut dengan pemupukan.

sehingga disimpulkan bahwa pemupukan adalah segala usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara atau nutrisi tanaman yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman.


Komentar