Indikator Tanaman untuk menurunkan pH Tanah.

Nilai pH tanah yang netral adalah di angka 7. akan tetapi tidak semua tanaman dapat tumbuh nilai pH tersebut, beberapa tanaman akan tumbuh dengan ideal diatas ataupun dibawah nilai pH netral. Berikut adalah beberapa indikator tanaman yang yang menjadi acuan kapan nilai pH harus diturunkan pada beberapa spesies tanaman seperti;
A. Turunkan pH tanah untuk tanaman semak seperti rhododendron dan azalea. Beberapa jenis semak berbunga, seperti tanaman rhododendron dan azalea, membutuhkan tanah yang cukup asam untuk tumbuh. Tanaman ini sering kali berasal di daerah curah hujan tinggi, seperti daerah Pacific Northwest di Amerika Serikat (curah hujan yang tinggi cenderung menurunkan pH tanah). Untuk tanaman semak seperti ini, rentang pH antara 4,5 - 5,5 merupakan kondisi pertumbuhan yang optimal. Namun demikian, pH 6,0 biasanya masih dapat diterima.
B. Turunkan pH tanah untuk tanaman berbunga seperti begonia dan hydrangea. Banyak bunga yang berwarna cerah seperti petunia dan begonia tumbuh paling baik dalam tanah yang asam. Untuk beberapa bunga ini, mengubah keasaman tanah dari "sedikit" asam menjadi "sangat" asam bisa memberikan perubahan yang nyata pada warna bunga. Sebagai contohnya, menanam hydrangea di tanah dengan pH antara 6,0 - 6,2 akan memberikan bunga berwarna merah muda, sedangkan menurunkan pH tanah hingga sekitar 5,2 - 5,5 akan memberikan bunga berwarna ungu/biru. Warna biru pada hydrangea yang ditanam pada tanah pH rendah berasal dari aluminium. Saat pH tanah rendah, hydrangea lebih mudah menyerap aluminium dari tanah, yang akan nampak dalam kelopak bunganya.

C. Turunkan pH untuk tumbuhan hijau abadi (evergreen). Banyak tumbuhan hijau abadi yang tumbuh di tanah sedikit asam. Sebagai contohnya, pohon cemara dan pinus yang dapat tumbuh dengan baik pada pH tanah sekitar 5,5 - 6,0. Sebagai tambahan, jerami dari tanaman ini bisa dimasukkan ke dalam tanah netral atau basa sebagai bahan organik yang akan menurunkan pH-nya seiring dengan pembusukan jerami. 
Tanaman paku-pakuan
D. Turunkan pH tanah untuk pohon beri tertentu. Mungkin tanaman yang paling dikenal suka dengan kondisi asam adalah blueberi, yang tumbuh dengan baik pada tanah yang sangat asam (idealnya 4,0 - 5,0). Namun demikian, beberapa spesies beri lainnya juga menyukai kondisi asam. Sebagai contoh, kranberi yang tumbuh paling baik pada pH sekitar 4,2 - 5,0, sementara gooseberry, kismis, dan elderberry tumbuh paling baik pada pH sekitar 5,5 - 6,5.
E. Turunkan pH tepat di bawah kondisi netral untuk tanaman paku-pakuan. Sebagian besar jenis paku-pakuan tumbuh dengan baik di tanah dengan pH di bawah 7,0 — bahkan tanaman yang tumbuh lebih baik dalam kondisi basa juga bisa tumbuh pada tanah asam. Sebagai contohnya, Maidenhair Fern tumbuh lebih baik pada pH tanah sekitar 7,0 - 8,0 tetapi dapat tumbuh dalam tanah dengan pH 6,0 sekalipun. Beberapa tanaman paku-pakuan bahkan masih dapat tumbuh dalam tanah dengan pH 4,0.

Sumber; http://id.wikihow.com

Komentar