Kejenuhan Basa dan Basa-basa yang dapat dipertukarkan

pH adalah ukuran tingkat keasaman atau kebasaan suatu senyawa. Rentang skala pH adalah dari 0 hingga 14; pH yang mendekati 0 berarti sangat asam, sedangkan pH yang mendekati 14 berarti sangat basa, dan pH 7 menandakan kondisi netral. Dalam pembudidayaan tanaman, pH tanah yang digunakan untuk menanam tanaman memiliki pengaruh serius terhadap kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Walaupun sebagian besar tanaman bisa tumbuh pada pH sekitar 6,0 - 7,5, kondisi pertumbuhan terbaik beberapa tanaman tercapai dalam rentang pH yang lebih sempit, sehingga untuk Anda yang serius membudidayakan tanaman, mempelajari dasar-dasar pengaturan pH tanah adalah hal yang penting.
Pengertian Basa;
Pengertian dari basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hidronium ketika dilarutkan dalam air.Basa adalah lawan (dual) dari asam, yaitu ditujukan untuk unsur/senyawa kimia yang memiliki pH lebih dari 7. Kostik merupakan istilah yang digunakan untuk basa kuat.
Basa dapat dibagi menjadi basa kuat dan basa lemah. Kekuatan basa sangat tergantung pada kemampuan basa tersebut melepaskan ion OH dalam larutan dan konsentrasi larutan basa tersebut.
Kejenuhan Basa dan Basa-basa yang dapat dipertukarkan;
http://ecoplexity.org
Basa- basa yang dapat dipertukarkan, kejenuhan basa, KTK dan pH tanah saling berhubungan.  Basa- basa yang dapat dipertukarkan adalah total kation-kation basa dari ion Ca2+, Mg2+, K+, dan Na+, sedangkan kejenuhan basa adalah jumlah basa-basa tersebut per kapasitas tukar kation tanah dan dinyatakan dalam satuan persen. Jika kejenuhan basa tinggi maka pH tanah tinggi, karena jika kejenuhan basa rendah berarti banyak terdapat kation-kation masam yang terjerap kuat di koloid tanah (Nyakpa dkk., 1988).
Pada daerah yang memiliki curah hujan tinggi, koloid tanah akan lebih banyak didominasi oleh ion H+, sedangkan kation-kation basa terjerap lemah dan berada pada larutan bebas (Hakim dkk., 1986).Ardjasadkk. (1981) menambahkan, tingginya curah hujan mengakibatkan kandungan basa-basa yang dapat dipertukarkan semakin rendah karena proses pencucian berjalan intesif.  Pada lahan yang sering terbuka,seperti pada lahan pertanaman ubi kayu juga akan menambah pemicu terjadinya leaching. Hal ini akan dapat menyebabkan penurunan kandungan kation basa di dalam tanah

Komentar