Takokak; Terung Pipit; Cepokak; Solanum torvum Sw; Family Solanaceae; Gulma Alternatif untuk KB Alami.

Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu. Nama dalam perdagangan internasional tidak baku, beberapa di antaranya adalah turkey berry ("buni turki") atau mini-eggplant ("terung mini").
Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Batak Toba, Minangkabau) dan tekokak, Katarrung Meong (Enrekang).
Buah takokak adalah buah yang terkenal akan khasiatnya sebagai tanaman herbail untuk pengobatan organ mata, termasuk mata rabun. Buah ini cocok untuk menyehatkan mata Anda. Buah takokak berwarna hijau dengan ukuran yang kecil dan bulat. Pohonnya kecil dan juga berduri dengan rasa buah yang cukup pahit. Buah takokak merupakan jenis buah yang lebih cocok untuk diolah lagi daripada dikonsumsi langsung karena rasanya yang pahit tersebut.
Morfologi;
Takokak adalah tumbuhan semak kecil, yang tingginya dapat mencapai 5 m. Namun biasanya, kurang dari 2 m. Hampir semua bagian tumbuhan ini berduri, kecuali hanya buah yang ditutupi rambut.Daunnya bulat telur dengan pangkal seperti jantung atau membulat, dengan ujung yang tumpul. Panjang daun 7–20 cm dan lebarnya 4–18 cm. Tangkai perbungaannya pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih, yang di tengahnya kuning. Buahnya berjenis buah buni, kecil, dan banyak.
Kandungan;
Sementara itu kandungan kimia pada daun, bunga dan buahnya antara lain, Saponin, Tanin, Flavonid, Alkaloid, Protein Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat Besi serta Vitamin A, B dan C. Yang dapat dimanfaatkan sebagai obat jantung berdebar (daun), kepala pusing, kurang nafsu makan serta tekanan darah tinggi (daun dan buahnya).
Manfaat;
Menurut penelitian (anonim) takokak dapat dijadikan bahan alami untuk menahan kesuburan pria (inaktif-sperma) secara temporer/sementara selama kurang lebih 40 hari apabila dimakan, apabila konsumsi takokak dihentikan akan kembali normal (sebagai kontrasepsi alamiah).
Cepokak atau Takokak (Solanum torvum) atau biasa disebut dengan cepoka, terung pipit, terung belut ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Buah Cepokak Di percaya oleh Masyarakat  bisa untuk menyembuhkan Mata yang minus, Plus atau yang Rabun karena sesuatu hal. Namun Penelitian belum dilakukan oleh medis, namun kepercayaan Masyarakat tentang itu sangat di perkuat dengan berbagai kesembuhan yang datang kepada sebagian orang.
Pohon takokak dikenal tahan penyakit yang menyerang batang dan biasa dijadikan batang bawah untuk terung, meskipun praktik ini hanya dipakai bagi pertanaman di pekarangan

Komentar